Jumat, 13 Juli 2012

Rahasia Sebuah Pisang


Pisang mungkin bukanlah sesuatu yang asing bagi kita, siapa yang tak akan kenal pisang karena ia paling mudah dijumpai dan harganya sangat ekonomis dibanding buah-buahan lainnya seperti anggur apel dan jeruk. Pisang paling digemari penduduk dunia karena mempunyai 1,001 khasiat, kaya vitamin
Asal mulanya pisang adalah sejenis tumbuhan liar di Asia Tenggara, namun kini berjaya dikomersialkan. Buah pisang disamping mengenyangkan juga dapat mengatasi masalah sembelit, bahkan dalam The Food Pharmacy oleh Jean Carper, pisang bahkan disebut sebagai makanan mujarab bagi penderita penyakit mag disebabkan sifat spasmolitik pisang dapat menurunkan kerja lambung dan mengurangi sekresi enzim serta asam lambung. Kandungan pektin yang tinggi didalam pisang juga dapat
melindungi selaput lendir lambung terhadap pengaruh asam lambung dan enzim (pepsin). Pisang juga kaya serat makanan atau karbohidrat komplek.Pisang mengandung serat dan vitamin A yang bagus untuk melancarkan pencernaan serta mencegah kanker usus.
Ketua Diatetik dan Pemakanan Khasiat, Universiti Perobatan Antara bangsa (IMU), Prof. Dr. Fatimah Arshad, berkata: pemakanan pisang memberikan banyak khasiat kepada tubuh badan kerena mengandungi karbohidrat, vitamin A, serat, vitamin C dan Kalsium. Ditambah lagi 2 biji pisang emas mengandungi 100 kalori, 73gram (g) air, 1.4g protein, 23 g karbohidrat, 1.7 g serat, 380 mikro gram (mg) karoten (pre vitamin A), 63 RE vitamin A, 8.3 mg vitamin C dan 342 mg kalium,” katanya.
Selain itu pisang mengandungi magnesium, fosforus, iodine, kuprum, vitamin B1, B2, B6 & C, niasin, dan folat. Menurut Persatuan Pisang Antarabangsa dari penelitian yang dijalankan membuktikan dua biji pisang mampu menghasilkan energi untuk kita melakukan kerja atau senam berat selama 90 menit. Tak jarang pisang dikonsumsi oleh atlit sebelum bertanding untuk menjaga stamina dan asupan energi yang mencukupi.
Pisang kaya dengan vitamin B-6 yang dibutuhkan untuk kesehatan mental seseorang. Kekurangan vitamin B-6 ini dapat menyebabkan seseorang mudah lelah dan marah serta susah tidur.  Mengkonsumsi pisang 3-4 kali sehari bahkan dipercaya dapat membantu mengurangi gejala radang sendi (arthritis). Pisang merupakan makanan kaya kalium. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 467 mg kalium, yang memberikan 13% kebutuhan kalium harian. 
Pada tahun 2001, FDA (Food and Drug Administration; semacam Badan POM di USA), menyetujui bahwa makanan yang merupakan sumber kalium dan rendah natrium barangkali dapat mengurangi resiko terjadinya peningkatan tekanan darah dan stroke. Sebagai sumber kalium, pisang dapat membantu mengurangi resiko peningkatan tekanan darah. Didalam New England Journal of Medicine bahkan disebutkan, bahwa mengkonsumsi satu buah pisang sehari dapat menurunkan resiko stroke sampai 40%.

Sekian...
Semoga bermanfaat
Sumber:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda disini: